Mari Bangun Pertanian Organik Indonesia Berbasis Komunitas, dengan Menumbuhkembangkan Ekonomi Kreatif di tengah masyarakat, Maju Petani Indonesia. Bangun Pertanian Organik dari Desa Bersama cv. GHM Farm Tech, Manado, Sulawesi Utara-Indonesia

Selasa, 27 April 2010

Pupuk Gramafix®Kakao


Pupuk Gramafix®Kakao

[20 kg/karton],

Produk PT. Cipta Visi Sinar Kencana, Bandung


Tanaman coklat (Kakao) merupakan salah satu komoditi unggulan yang memberikan sumbangan devisa bagi negara karena telah lama menjadi komoditi ekspor Indonesia. Upaya meningkatkan ekonomi kakao perlu selalu diupayakan diantaranya dengan menaikan mutu (ukuran biji kakao, menaikan kadar lemak, mutu pengolahan fermentasi biji kakao, dll) serta meningkatkan produktivitas/Ha (pemupukan berimbang dan menurunkan intensitas OPT/ PBK).


Pupuk Gramafix® Kakao adalah pupuk majemuk lengkap - yang diformulasi dan diproduksi spesifik bagi tanaman kakao (Theobroma cacao) di tingkat pabrik. Pupuk dengan formula spesifik per tanaman ini sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus dalam satu tablet. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer (N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gr, diameter 24 mm dan ketebalan 15 mm, pupuk Gramafix® Kakao akan sangat efisien dan efektif bagi pemupukan tanaman kakao. Secara umum, karena kemampuan lepas hara terkendali (slow release fertilizing), dosis bagi tanaman kakao hanya 30 % dibanding campuran pupuk tunggal (Urea+TSP+KCl), atau pada usia tanaman kakao Th 1 sd TH-5 direkomendasikan dosis setara 60 kg sampai 250 kg tergantung umur, jarak tanam dan fase pertumbuhan tanaman kakao. Formula Gramafix® Kakao ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T905/BSP/II/2003.


Cara aplikasi Pupuk Gramafix® Kakao adalah dengan membuat lingkaran/piringan dalam jarak 2/3 dari antara pangkal batang proyeksi kearah tajuk (garis lurus ke tanah dengan patokan ujung daun). Tentukan dan tugal titik - titik lubang untuk penempatan pupuk Gramafix® Kakao searah keempat atau kedelapan penjuru mata angin (4 titik atau 8 titik). Masukan pupuk Gramafix® Kakao, setengah dosis anjuran/ tahun (dosis per tahun dibagi 2 kemudian diaplikasikan secara merata disetiap titik) pada kedalaman 10-15 cm dari muka tanah. Pemupukan Gramafix® Kakao dilakukan sekali per 6 bulan atau 2 kali per tahun dan waktu pemupukan pada awal dan atau akhir musim hujan. Sebagai contoh, pada tanaman Kakao usia 4 tahun (TH 4)- sebagaimana direkomendasikan dosis oleh Balai terkait -dengan penelitian Kakao- adalah 280 kg Urea, 281 kg Sp36 dan 220 KCl/ MOP atau total jumlah kg dosis 721 kg/Ha/th- akan setara dengan hanya 200 kg pupuk Gramafix® Kakao/ha /thn. Atau, dengan populasi tanaman kakao per Ha 1.100 pohon, dosis/ pohon mendapat 180 gr/tahun.


Dosis per tahun 200 kg/ha/tahun ini dijamin memiliki kandungan unsur hara efektif setara dengan 721 kg campuran pupuk tunggal (Urea, SP36 dan KCl). Adanya selisih kg dosis - antara campuran pupuk tunggal dengan pupuk Gramafix® Kakao - dapat dikemukan bahwa efektivitas pupuk tunggal dengan ditabur di permukaan ( karena penguapan dan terbawa aliran air/ run off permukaan) - sebagaimana umumnya dilakukan petani pada umumnya, adalah 30 persen ( LPT Bogor, 2001), dan sebagian lainnya terbuang. Sementara lain diketahui, kandungan aktif urea, SP dan KCl masing-masing hanya 46 %, 36 % dan 60 %.


Dengan menggunakan pupuk majemuk lengkap Gramafix® Kakao, kebutuhan pupuk Gramafix® Kakao setara dengan hanya maksimal 35 % dari total jumlah/dosis pupuk tunggal ( Urea, SP-36, KCl/MOP)- yang biasa digunakan. Dosis per 1 ( satu ) ha tanaman kakao kerapatan populasi 1.100 pohon (umur TH 1 sd TH 4) misalnya, berturut-turut hanya akan membutuhkan pupuk Gramafix®Kakao masing-masing 60 Kg (TH 1), 160 kg (TH-2), 180 kg (TH-3), 200 kg(TH-4) dan 260 kg/ha/tahun (TH-5). Oleh karena itu, penggunaan pupuk Gramafix® Kakao sangat efektif dan efisien guna meningkatkan pendapatan petani. Disamping menghemat tenaga kerja, biaya angkutan ke area kebun akan jauh lebih murah ( bandingkan biaya mengangkut 721 Kg campuran pupuk tunggal dengan 200 kg pupuk Gramafix® Kakao). Disamping menurunkan biaya pemupukan, penggunaan pupuk majemuk lengkap (termasuk unsur mikro) berpotensi menaikan ukuran biji kakao dan kadar lemak. Beberapa pelanggan di Sulawesi Selatan melaporkan bahwa tanaman kakao dengan menggunakan pupuk formulasi Gramalet dengan merk Gramafix Kakao telah mendekati angka 85 – 100 biji/100 g contoh uji atau rataan berat 1.0 – 1.2 g sesuai standar ekspor.


Manfaat lain penggunaan pupuk Gramafix bagi tanaman kakao- yang sudah mendapatkan perlakuan pemupukan berimbang ini jauh berbeda dengan tanaman - yang sama sekali belum mendapatkan perlakuan pupuk Gramafix Kakao. Tanaman tumbuh lebih sehat, lebih segar, kecambah atau bakal buah kakao tumbuh lebih banyak, serta buah lebih besar dan berkurangnya intensitas serangan hama PBK (Penggerek Buah Kakao) - yang selama ini menjadi momok menakutkan para petani kakao.

Sangat berbeda dengan tanaman yang belum menggunakan pupuk berimbang Gramafix Kakao, tanamannya tampak kerdil, biji kakao sedikit dan buah relatif kecil serta lebih mudah terserang penyakit PBK. Faktor utama yang menyebabkan produksi maupun kualitas menurun di antaranya karena adanya serangan penyakit pada tanaman, terutama penyakit PBK, busuk buah dan lainnya ini. Pupuk Majemuk Lengkap Tablet (PMLT) Gramafix® Kakao memiliki Komposisi Formula : 19-10-15-2-4-3+ Micro Element ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) dan menggunakan kemasan spesifikasi sebagai berikut : a) Kemasan dalam ( inner packing ) : Plastik PE 0,8 – 1, kemasan kedap air dan udara, kapasitas 5 kg (gross weight). b) Kemasan luar ( outer packing) terbuat dari karton D/W : a) Ukuran : ( 360 x 355 x 263 ) mm b) Jenis karton : K 200/150/K200, c) Kapasitas: 20 Kg. Dengan kemasan sebagaimana spesifikasi tersebut menjamin pengangkutan, penyimpanan dan penanganan transportasi antar daerah termasuk penanganan di pelabuhan menjadi lebih aman, murah dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar