Mari Bangun Pertanian Organik Indonesia Berbasis Komunitas, dengan Menumbuhkembangkan Ekonomi Kreatif di tengah masyarakat, Maju Petani Indonesia. Bangun Pertanian Organik dari Desa Bersama cv. GHM Farm Tech, Manado, Sulawesi Utara-Indonesia

Selasa, 27 April 2010

Pupuk Gramafix® Kelapa Sawit


Pupuk Gramafix® Kelapa Sawit
[20 kg/karton]
Produksi: PT. Cipta Visi Sinar Kencana, Bandung


Indonesia merupakan salah satu penghasil komoditas kelapa sawit terbesar di dunia. Kebutuhan tandan buah kelapa sawit (TBS) akan seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan CPO (crude palm oil/CPO). Permintaan dan harga CPO, salah satunya seiring dengan meningkatnya harga minyak mentah, menjadikan CPO pilihan untuk bahan baku pembuatan bio energi (bio ethanol) disamping adanya permintaan konvensional untuk produk turunan (derivatif) lainnya (sabun, kosmetik, minyak goreng).

Dengan demikian, peluang peningkatan produksi melalui perluasan kebun, peningkatan produktivitas/Ha dan peningkatan industri pengolahan kelapa sawit (PKS) masih prospektif untuk memenuhi pasar dalam dan luar negeri. Upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing agribisnis perkebunan kelapa sawit diantanya melalui penggunaan pupuk majemuk lengkap tablet formulasi Gramalet dengan merk dagang Gramafix Sawit. Pupuk majemuk lengkap formulasi Gramalet® dengan merk dagang Gramafix® Sawit adalah pupuk spesifik tanaman yang dikhususkan bagi tanaman dan perkebunan kelapa sawit serta kelompok tanaman palma lainnya (seperti tanaman hias palm, pinang dan kelapa dalam). Formula dirancang dengan mempertimbangkan jumlah maupun jenis kebutuhan unsur hara disesuaikan dengan tahap pertumbuhan, lokasi dan jenis tanaman kelapa sawit serta penetapan target produktivitas tanaman kelapa sawit pada minimal 25 Ton TBS per ha/ tahun. Kandungan hara lengkap meliputi makro primer (NPK), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro esensial (Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl), disajikan berbentuk tablet ukuran 10 gram (diameter 24 mm), akan menjamin pelanggan mendapatkan aneka hara pupuk lengkap yang sudah mengandung seluruh unsur hara sekaligus dalam setiap tablet. Formula ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T904/BSP/II/2003.
Cara aplikasi pupuk Gramafix® Sawit adalah dengan membuat lobang di luar lingkaran/piringan berjarak 2/3 dari pangkal batang proyeksi ke arah tajuk. Tugal (dengan tojok atau bor) titik - titik/ lubang dengan kedalaman 10-15 cm dari muka tanah kemudian tempatkan pupuk Gramafix Sawit pada keempat atau kedelapan penjuru mata angin (4 titik atau 8 titik). Masukan pupuk Gramafix® Sawit setengah dosis anjuran per tahun (untuk pilihan pemupukan per 6 bulan), jumlah tablet dibagi secara merata disetiap titik dengan kedalaman 10-15 cm dari permukaan tanah. Pemupukan dilakukan sekali per 6 bulan atau 2 kali per tahun, dalam keadaan lahan dengan kesuburan tinggi dapat dilakukan sekali per tahun. Waktu pemupukan pada awal dan atau akhir musim hujan. Contoh pada tanaman sawit (TM 5) hanya memerlukan pupuk Gramafix Sawit dengan dosis 150 kg/ ha/ thn pada rataan populasi 143 pohon/ ha atau 1.250 gr/ phn/6 bln. Aplikasi dapat dilakukan dengan cara dibuat 4 atau 8 lubang. Gramafix Sawit dibenamkan masing masing 15 butir (@ 10 gr) per lubang. Setelah pupuk dibenamkan, lubang ditutup kembali. Dianjurkan pada saat pemupukan, sekitar tanaman bersih dari rumput pengganggu (gulma).

Dengan penyajian formula komposisi hara spesifik bagi tanaman sawit dan palma lain serta disajikan berbentuk tablet, Gramafix Sawit menjamin penghematan biaya pemupukan per ha disamping kemudahan dalam pengangkutan dan penyimpanan pupuk sehingga biaya perawatan tanaman menjadi lebih murah dengan aplikasi pupuk menjadi praktis. Pemakaian Gramafix sawit juga telah terbukti menaikan produksi tandan buah sawit (TBS). Laporan petani sawit labuan Batu, Bagan, Langkat, jambi antara lain menaikan berat buah tandan sawit (TBS) dari pohon TM 7, biasanya 15 kg naik hingga 28 kg per tandan/bulan panen/pohon. Pada rataan populasi 130 pohon/ Ha, produktivitas kelapa sawit bisa mencapai 28,080 ton/Ha/tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar