Mari Bangun Pertanian Organik Indonesia Berbasis Komunitas, dengan Menumbuhkembangkan Ekonomi Kreatif di tengah masyarakat, Maju Petani Indonesia. Bangun Pertanian Organik dari Desa Bersama cv. GHM Farm Tech, Manado, Sulawesi Utara-Indonesia

Selasa, 27 April 2010

Pupuk Gramafix® Jagung


Pupuk Gramafix® Jagung [Tablet 3 gr]

Pupuk Gramafix® Formula Spesifik Jagung sebagai pupuk majemuk lengkap berbentuk tablet yang diformulasi dan diproduksi spesifik tanaman jagung akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk kebutuhan tanamannya secara sekaligus. Kandungan unsur hara lengkap meliputi hara makro primer (N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial (Fe, B, Cu, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 3 gram ( ukuran 12 mm diameter), formula Gramafix Jagung telah terdaftar pada Departemen Pertanian RI No. T904/BSP/II/2003.

Dengan menggunakan Gramafix® Jagung, kebutuhan pupuk hanya setara dengan 30 sampai 35 % dari total dosis campuran pupuk tunggal - yang biasa digunakan petani seperti Urea, SP36 dan KCl. Cara aplikasi adalah dengan membenamkan 2 gr pupuk Gramafix Jagung (1 butir @ 3 gram) disamping kiri dan kanan pangkal batang tanaman Jagung pada kedalaman sekitar 5 cm sampai 10 cm dari permukaan tanah. Waktu pemupukan pada 0 7 HST ( Hari Setelah Tanam) atau bersamaan dengan saat penugalan benih - karena pupuk Gramafix Jagung bersifat slow release- serta direkomendasikan ditambahkan pupuk kompos bahan sampah kota alami seperti kompos Green Phosko. Penggunaan pupuk spesifik bagi tanaman jagung Gramafix®Jagung ini telah terbukti meningkatkan mutu hasil seperti berkurangnya kandungan aflatoxin yaitu suatu jamur pada hasil panen jagung. Jamur aflatoxin ini selain diakibatkan keterlambatan pengolahan pasca panen (seperti pengeringan ), namun seringkali juga diakibatkan ketidakseimbangan komposisi unsur hara pupuk yang diaplikasikan pada budidaya jagung.

Dosis pupuk Gramafix Jagung tergantung pada varietas dan jarak tanam. Bagi varitas berumur dalam (± 110 hari) - seperti Hara pan Bogor, Composite, populasi optimum adalah ± 50.000 tanaman/ha, dengan jarak 100 x 40 cm, akan memerlukan dosis Gramafix Jagung 75 kg/ Ha atau benamkan antara 2 rumpun sebanyak 2 tablet ukuran 3 gram/tablet. Dan apabila 2 benih tanaman per lubang. dengan jarak tanam 75 x 25 cm dengan 1(satu) benih tanaman jagung per lubang, benampkan 1 tablet 3 gram diantara 2 rumpun pada kedalaman 10 cm.

Bagi Varitas jagung berumur tengahan (80 - 90 hari) - misalnya Panjalinan dan Genjah Kretek, optimum populasi adalah 70.000 pohon/ha, ditanam dengan jarak tanam 75 x 20 cm dengan 1 (satu) butir benih per lubang agar benamkan 1 tablet pupuk Gramafix Jagung diantara 2 batang. Bagi 1 tablet diantara 2 rumpun jagung dengan 1 benih/ lobang/ rumpun, akan diperlukan dosis 105 Kg pupuk Gramafix Jagung.

Bagi vartias yang berumur genjah (70 - 80 hari) seperti Genjah Madura, populasi dapat ditingkatkan sampai 100.000 tanaman/ha, bahkan pada tanah subur, populasi dapat mencapai 200.000 tanaman/ha, dengan jarak tanam 50 x 20 cm atau 50 x 10 cm dengan 1 (satu) tanaman per lubang;. Benih ditanam 2 -3 biji per lubang, kemudian diperjarang pada umur 2 - 3 minggu setelah tanam, di mana ditinggalkan tanaman yang tegap dan sehat saja sehingga mencapai populasi yang diinginkan sesuai dengan jarak tanam yang digunakan dan penanaman benih adalah 3 butir/ lobang. Dengan 3 lobang / rumpun, benamkan 3 tablet pupuk Gramafix Jagung diantara 2 rumpun atau dosis per Ha akan setara dengan 150 Kg/Ha bagi populasi 100.000 pohon/ Ha dan dosis 300 kg/Ha bagi populasi jagung hingga 200.000 pohon/ Ha. Kemasan Inner plastik @ 5 Kg dan setiap 4 kemasan dimasukan dalam karton DW @ 20kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar