Mari Bangun Pertanian Organik Indonesia Berbasis Komunitas, dengan Menumbuhkembangkan Ekonomi Kreatif di tengah masyarakat, Maju Petani Indonesia. Bangun Pertanian Organik dari Desa Bersama cv. GHM Farm Tech, Manado, Sulawesi Utara-Indonesia

Selasa, 27 April 2010

Pupuk Gramafix® Padi



Pupuk Gramafix® Padi [Tablet 3 gr]


Pupuk Gramafix®Padi adalah pupuk majemuk lengkap formula dan diproduksi spesifik bagi tanaman padi (palawija) akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus dalam satu tablet. Kandungan lengkap meliputi hara makro primer (N,P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial (Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 3 gr, satu ha padi sawah sebagai contoh -sebagaimana direkomendasi dan hasil penelitian Balai Penelitian Padi ( Balitpadi ) Sukamandi- hanya memerlukan dosis pupuk Gramafix®Padi 120 kg - 160 kg per musim. Formula ini terdaftar di Dep Pertanian RI No : T 903/BSP/II/2003.


Cara aplikasi adalah dengan membenamkan 3 gr pupuk Gramafix® Padi (1 butir @ 3 gr) diantara/ ditengah-tengah 4 rumpun padi, pada kedalaman sekitar 5 cm dari permukaan tanah. Penggunaan aplicator urea tablet, misalnya, juga dapat membantu percepatan pembenaman. Aplikasi dosis 3 gram Gramafix®Padi pada setiap 4 rumpun jangan melebihi dosis yang ditetapkan. caranya, lewati 1 antara 4 rumpun, yaitu kesamping kiri dan kanan maupun ke depan dan belakang. Sawah dalam keadaan pengairan macak – macak dan waktu pemupukan pada (3 – 14) HST (Hari Setelah Tanam) sangat direkomendasikan.


Keunggulan utama pupuk Gramafix Padi antara lain : 1. Meningkatkan jumlah anakan, jumlah bulir per malai dan mengurangi biji hampa sehingga meningkatkan produksi Gabah Kering Giling (GKG) 2. Meningkatkan rendemen beras terhadap gabah kering giling (GKG) pada umunya menjadi 65 % hingga 70 %. Dengan demikian, pendapatan usaha tani beras per Ha meningkat dibanding analisa usaha tani padi sebelumnya, 3. Mengurangi tumbuhnya gulma dan rumput pengganggu karena pupuk tablet dibenamkan 5 cm sd 10 cm. Dengan rendahnya gulma, penyiangan tanaman padi cukup sekali saat jelang primordia dan berarti turunnya biaya pemeliharaan tanaman padi. 4. Menurunkan biaya tenaga kerja pemupukan karena pembenaman tablet - dengan kemampuan lepas lambat ( time release) hingga 3 bulan- dilakukan sekali per musim tanam dengan tetap unsur hara tersedia sepanjang pertumbuhan tanaman padi. 5. Menurunkan biaya penyimpanan dan pengangkutan pupuk dan pemupukan. Dengan bentuk tablet dan kandungan lengkap memungkinkan pupuk disediakan jauh sebelum digunakan- berbeda dengan pupuk tunggal (Urea) yang bersifat higroskopis (menguap)- Gramafix Padi bisa disimpan hingga 2 (dua) tahun sepanjang tidak terkena air dan kemasan terjaga tidak bocor.


Pimpinan proyek dan pemerintah akan berkepentingan menggunakan Gramafix Padi dalam mengatasi ekses permintaan pupuk tunggal (Urea, SP dan KCl) - sebagai komoditas yang kini diperebutkan oleh berbagai kepentingan (industri, tanaman pangan, ekspor dan tanaman perkebunan, tanaman Kehutanan/HTI). Gramafix Padi juga dapat dijadikan subjek subsidi dan terbebas dari kemungkinan pupuk ini lari merembes ke sektor non padi. Terlebih dalam kaitan dengan penghematan pupuk anorganik- sebagai sumber daya tidak bisa diperbaharui (unrenewable), penggunaan Gramafix Padi akan memberikan penghematan Urea, SP dan KCL. Dengan dosis Gramafix Padi 120 kg/ Ha, bahan baku pupuk tunggal dalam pembuatan Gramafix ini sekitar 80 kg Urea, TSP dan KCl, akan terdapat efisiensi nasional berupa penghematan besar dibanding rekomendasi pemupukan pada tanaman padi dengan pupuk tunggal (300kg Urea, 100 kg SP-36 dan 100 kg KCl).

1 komentar:

  1. Bisa dibeli dimana? Harga berapa? Ada agen apa enggak sehingga bisa beli di lokasi terekat. Di Malang ada enggak?

    BalasHapus